Pages

Rabu, 07 November 2012

Metode Perhitungan Bunga Kredit


 
1. Flat Rate
yaitu Pembebanan bunga setiap bulan tetap dari jumlah pinjamannya, demikian juga angsuran (cicilan) pokok juga akan tetap sampai pinjaman lunas.
Contoh Perhitungan:
Plafond Pinjaman        :  Rp. 10.000.000,-
Bunga/Thn (per-bln)    :  12% (1%)
Sistem Kredit              :  Flat Rate




 

2. Sliding Rate/Efektif
kadang juga disebut efektif yaitu Pembebanan bunga setiap bulan akan disesuaikan dengan sisa pinjamannya, sehingga angsuran (cicilan) bunga akan menurun seiring dengan berkurangnya nilai pinjaman. Tetapi angsuran pokok akan tetap.
Contoh Perhitungan:
Plafond Pinjaman        :  Rp. 10.000.000,-
Bunga/Thn (per-bln)    :  12% (1%)
Sistem Kredit              :  Sliding Rate/Efektif



3. RC Rate
kepanjangan dari rekening koran yaitu Pembebanan bunga yang tetap setiap bulannya namun tanpa angsuran pokok, biasanya angsuran pokok hanya dibayarkan di akhir masa/periode pinjaman.
Contoh Perhitungan:
Plafond Pinjaman        :  Rp. 10.000.000,-
Bunga/Thn (per-bln)    :  12% (1%)
Sistem Kredit              :  RC Rate


4. Anuitas Rate
Jumlah angsuran yang kita bayar kepada pihak pemberi kredit tidak berubah selama jangka waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Akan tetapi walaupun komposisi besarnya angsuran pokok dengan angsuran bunga akan berbeda setiap bulannya. Tetapi mengahasilkan jumlah total angsuran yang sama setiap bulannya, dimana angsuran pokok akan semakin besar sedangkan angsuran bunga akan semakin mengecil.
Contoh Perhitungan:
Plafond Pinjaman        :  Rp. 10.000.000,-
Bunga/Thn (per-bln)    :  12% (1%)
Sistem Kredit              :  Anuitas Rate

 
 
Kesimpulan:
Dari ke empat metode perhitungan bunga kredit yakni: Flat Rate, Sliding Rate, RC Rate dan Anuitas Rate mempunyai besaran bunga yang berbeda. Contoh perhitungan di atas, plafond pinjaman sebesar Rp. 10 juta untuk jangka waktu 12 bulan (1 tahun) dengan bunga 1% perbulan (12% pertahun), mempunyai besaran bunga antara lain:
- Flat Rate sebesar          Rp. 1.200.000,00
- Sliding Rate sebesar    Rp.    650.000,00
- RC Rate sebesar          Rp. 1.200.000,00
- Anuitas Rate sebesar   Rp.    662.854,64
Jadi, Sliding Rate merupakan metode perhitungan bunga kredit yang sangat menguntungkan bagi peminjam modal.


4 komentar:

  1. Download Program Finance Tools V414 - Support anuitas, flat, sliding. Masuk ke menu debitur creditur. Perhitungan otomatis, dengan otput lengkap tabel dan grafik.

    BalasHapus
  2. My Brothers dan Suster dari negara Asia, Aku Miss Koh Lian Fong dari Singapura; i membutuhkan pinjaman beberapa bulan lalu. i membutuhkan pinjaman modal untuk membuka restoran dan bar, ketika salah satu mitra bisnis lama saya memperkenalkan saya ke ini Mr.Zhang pemberi pinjaman kredit yang baik dan amanah yang membantu saya keluar dengan pinjaman saya, dan tingkat suku bunga sangat rendah, terima kasih Tuhan hari ini. Saya sekarang seorang wanita bisnis yang sukses, dan saya menjadi berguna. Dalam kehidupan orang lain, saya sekarang memegang sebuah restoran dan bar. Dan sekitar 22 pekerja, terima kasih Tuhan untuk hidup saya, saya akan berangkat baik hari ini seorang ibu senang dengan tiga anak, terima kasih kepada Anda Mr.HZANG Sekarang saya bisa mengurus keluarga saya indah, saya sekarang dapat membayar tagihan saya. Saya sekarang pemenang roti keluarga saya. Jika Anda mencari seorang pemimpin pinjaman amanah dan dapat diandalkan. Anda dapat email dia melalui, (ZHANGLOANCOMPANY@GMAIL.COM Pls katakan padanya Nona Koh Lian Fong, membentuk Singapura memperkenalkan Anda kepada-Nya. THANKS

    BalasHapus
  3. FULL +-52MB Download Software Untuk Kredit Barang & Finance POSFT - Sudah support : Anuitas, Flat, Sliding, Floating. Lengkap dengan grafik. Lengkap dengan petunjuk penggunaan dan VIDEO TUTORIAL. Silahkan bisa langsung di cek,Thanks.

    BalasHapus
  4. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus